Senin, 11 Februari 2008

Ocean's Twelve

Sabtu, 18 Desember 2004. BUDAYA

Film Ocean's Twelve
Para Maling Berparas Elok

MASIH ingat film Ocean's Eleven yang beredar tiga tahun lalu? Ya, film ber-genre romantic thriller yang memajang bintang-bintang papan atas Hollywood itu, tampaknya hendak kembali mengulang kesuksesannya. Dengan sekuel teranyar berjudul Ocean's Twelve, film ini pun kembali mengumpulkan para aktor dan artis nomor wahid. Tengoklah nama George Clooney, Brad Pitt, Matt Damon, Andy Garcia, dan Julia Robert. Mereka kembali berkumpul dalam film arahan sutradara Steven Soderbergh ini. Plus beberapa nama baru seperti Chaterine Zeta Jones, Vincent Cassel (aktor papan atas Prancis dan suami artis Monica Belucci), dan Bruce Willis yang hadir sebagai kameo. Maka, semakin pepaklah film yang bernarasi tentang intrik dunia maling kelas kakap ini.

Dengan mengandalkan kemampuan akting para pelakonnya yang mumpuni dan didukung oleh pesona ragawi yang eye catching (menarik), serta dipadukan dengan aliran cerita yang ringan, menjadikan film ini tak ubahnya teh hangat dalam sarapan pagi. Memang, tidak ada adegan darah yang muncrat, baku tembak, baku pukul, baku tendang apalagi kebut-kebutan di jalan raya yang sesak di jam-jam sibuk. Tak ada pula korban mati. Yang ada sebuah intrik kelas tinggi antarmaling. Namun demikian, greget yang dihasilkan ternyata cukup mampu membuat penikmatnya terpikat untuk menekuni dialog-dialog ringan yang memancing tawa. Sungguh, di tangan Steven Soderbergh yang telah sukses menelurkan Solaris, Full Frontal, Ocean's Eleven, Traffic, Erin Brockovich, The Limey, Out of Sight, Gray's Anatomy, Schizopolis, The Underneath, King of the Hill, Kafka dan Sex, Lies, and Videotape, sinema ini berjalan dengan bernas tanpa harus terjebak dengan keklisean.

Sehingga tidak heran jika film Erin Brockovich dan Traffic pernah dinominasikan untuk kategori Best Picture dan Best Director di Academy Awards (Soderbergh meraih Best Director di Academy Award untuk Traffic). Selain itu, setting yang melatarbelakangi sebuah adegan, dalam film ini sungguh menjadi sebuah keutamaan. Kalau di Ocean's Eleven loka-loka seperti Atlantic City, New Jersey, Florida dan Hotel Bellagio di Las Vegas Amerika Serikat serta di St Petersburg Rusia menjadi pilihan utama.

Tempat Eksotis

Di Ocean's Twelve, selama sepuluh pekan para kru dan pemain diajak berkeliling untuk mengambil adegan di tempat-tempat eksotis seperti Chicago, Amsterdam, Paris, Monte Carlo, Danau Como, atau Roma. Secara mendasar Ocean's Twelve berkisah tentang Terry Benedict (Andy Garcia), seorang bos dari dunia entah berantah yang menuntut balik uang sejumlah 160 juta dollar AS kepada Danny Ocean (George Clooney) dan kawan-kawannya. Merasa uang yang telah mereka curi dari Terry telah habis dibagi rata kepada kesepuluh rekannya, sementara Terry menenggat waktu pengembalian. Maka, kembali berkumpullah mereka untuk kembali beraksi melaksanakan sebuah pencurian.

Dan kali ini mereka musti beraksi di Amsterdam, serta bersaing dengan maling lain yang tak kalah lihainya (Vincent Cassel). Bukan itu saja, seorang detektif ayu (Chaterine Zeta Jones) berniat menggagalkan aksi mereka. Maka, dimulailah intrik kelas tingi antarmaling berparas elok untuk mencuri sebuah telur berhias berlian bernilai lebih dari 160 juta dollar AS. (Benny Benke-81)

Tidak ada komentar: