Senin, 11 Februari 2008

A Mild Live Soundrenaline 2004

Senin, 20 Desember 2004. BUDAYA

A Mild Live Soundrenaline 2004
Semangat Perdamaian dalam Bermusik

SLANK dan God Bless memuncaki sekaligus menutup secara resmi pesta musik akbar tahunan Soundrenaline 2004. Dua grup band berbeda zaman yang sama-sama memiliki pencinta antusias ini menyihir sekitar 15.000 penonton yang menyesaki Arena PRJ, Kemayoran, Jakarta, semalam. Puncak pesta musik yang telah berlangsung sejak Sabtu (18/12) lalu ini, sekaligus menandai berakhirnya gelaran maraton yang bermula dari kota Padang, Malang, dan Makassar.
Pentas menghadirkan 72 grup band yang terdiri dari 35 grup band nasional, dua band luar negeri, sepuluh band A Mild Live Jakarta Music Festival (JMF), dan 25 band hasil audisi Hai-Way to Soundrenaline. Dengan kekuatan tata cahaya dan tata suara khusus berkekuatan masing-masing 80 ribu watt, maka lengkaplah jika Soundrenaline 2004 disebut sebagai gelaran musik terakbar di Tanah Air sepanjang tahun ini.

Sebagai sebuah hajat musik yang telah bergulir sejak tiga tahun lalu, Soundranaline memang berikhtiar membangun hubungan yang semakin dekat antara musisi dengan penikmat musik Indonesia. Selain tentu saja memberikan semangat baru bagi para musisi Indonesia untuk menjadikan musiknya sebagai tuan rumah di negeri sendiri, bahkan tetap berprestasi di dalam maupun di luar negeri. Sehingga tak ragu lagi jika ajang ini mendapat tanggapan positif dari semua grup band. Lihatlah betapa Sabtu lalu, lebih dari 19 band dan musisi dari berbagai aliran musik seperti Ungu, Jikustik, Naif, Element, Base Jam, Dewi Sandra, The Weekend, Iwan Fals, Peterpan, Baim, Agnes Monica, Cokelat dan Glenn Fredly tampil dengan penampilan terbaiknya.
Sebagaimana yang juga ditunjukkan band-band yang unjuk gigi seharian kemarin seperti Serieus, Endank Soekamti, Superman is Dead, Edane, Netral, The Fly, XOTX, ROXX, The Casanovas, BIP, Pas Band, /Rif, God Bless dan Slank.

Kolaborasi

Dengan mengusung tema besar ''Make Music Not War'', hampir sebagian besar musisi yang tampil semalam melakukan kolaborasi di atas panggung. PAS, grup band asal Kota Kembang ini bahkan melakukan lintas kolaborasi dengan penyanyi tenor Christopher Abimanyu. Hal yang sama juga ditunjukan dengan kolaborasi antara /Rif dengan Ivan Boomerang. Sehingga warna musik yang ditawarkan dalam pesta musik kali ini benar-benar berwarna. Keberwarnaan ini pun ditunjukkan pada hari pertama, ketika The Weekens, band asal Kanada sempat berkolaborasi dengan gitaris Slank, Abdee Negara, lewat tembang 80's Rock Star.

Sehingga membuat Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Randolp Mank, dalam temu media mengungkapkan penghargaannya atas digelarnya Soundrenaline 2004 yang mengangkat tema perdamaian, serta menyatakan rasa bangganya atas tampilnya band asal Kanada di ajang musik tahunan ini. ''Musik adalah medium alternative untuk mendorong perdamaian bagi semua orang di muka bumi ini,'' katanya. Ya, musik, sebagai medium penyeru alternative perdamaian tampaknya benar-benar dibuktikan lewat kampanye untuk terus bermusik dengan menjauhi peperangan di Soundrenaline 2004. (Benny Benke-81)

Tidak ada komentar: